Jumat, 03 Agustus 2018

Cara Muda Membuat Keramba Cukup Mudah


Gimana sih cara membuat keramba jaring apung? Salah satu ide sistem budidaya ikan yang efektif dan efisien ialah dengan menerapkan keramba jaring apung. Pada dasarnya, sistem ini memanfaatkan jaring yang diapungkan di air sebagai keramba pemeliharaan ikan. Dengan begitulah, biaya yang dikeluarkan untuk membuat kolam menjadi lebih huwemat dan perawatannya pun lebih mudah karena tidak diperlukan lagi kontrol terhadap air.

Hay para pembaca, kali ini saya akan memberikan cara untuk membuat keramba ikan sendiri
dengan mudah dan tidak ribet. Berikut cara membuat keramba ikan

1.Bahan Karamba
Bahan-bahan yang dipakai untuk membuatan karamba terdiri dari balok kayu, tahan, air, besi, bambu, jaring ikan yang sesuai, dan pelampung.

Baca Juga : Tips Menangani Pasca Panen Ikan Patin
2.Carah Membuatan Karamba
Balok kayu atau besi berguna Untuk kerangka, sedangkan jaring, kayu atau bambu dapat dipakai sebagai dinding karamba.

Dinding karamba terbuat dari jaring ikan terlapis dari 2 lapis jaring dengan dinding terluar terbuat dari bahan polyethilene minim D9 dan ukuran mata jaring maksimal 2,5 CM, sedangkan jaring bagian dalam terbuat dari bahan Waring Ikan.

Dinding karamba yang terbuat dari kayu/bambu jarak antar kisi  1,5 cm. Bentuk karamba ialah kotak segi empat, ukuran karamba minimal panjang 4M, lebar 3M dan tinggi 2M.

Jangan lupa buatlah lubang dibagian tenggan, berguna sebagai anda untuk
memberi makan dan mengecek ikan, unkura sesuai dengan kebutuhan yang anda mau.

3. Penempatan karamba
Sebelum menempatkan karamba perludilakukan cek lokasi guna menghindari faktor-f14:10 03/08/2018aktor lingkungan perairan yang tak Cocok. Karamba dapat ditempatkan pada sungai, waduk, danau, dan saluran pembuangan (Got) dengan 2 sampai 3 bagian berada di dalam air dan 1 Sampao 3 bagian di atas permukaan air dengan jarak antara dasar perairan dengan dasar karamba 50 cm.

Dan Pada Biasanya karamba ditempatkan di pinggir sungai secara berkelompok dan setiap kelompok terdapat 20 sampai 40 karamba. Menaruhnya secarabersama-samaan  dan danantar pasangan karamba ditempatkan bambu bulat yang berguna sebagai tempat pengikat, sekaligus sebagai pelampung karamba. Diantara setiap karamba dibuatkan jalan penghubung dari papan kayu. Dua ujung bambu itu di ikat pada tiang yang ditancapkan ke dasar sungai sebagai penahan Supaya karamba tak terbawa arus air sungai. Dan Untuk setiap golongan, dikeatas bambu pelampung dibuatlah pondok ukuran 1,5 x 1,5 x 1,5 M untuk tempat berteduh bagi petugas jaga dengan rangka pondok terbuat dari bambu dan kayu, Bawahan dari bambu dan atas dari daun rumbia atau nipah.

Baca Juga :          





jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan waring ikan untuk peking ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950 | 0852 3392 5564











Tidak ada komentar:

Posting Komentar